Home

JANGAN GANGGU: The Press Release

Pernah suatu hari Pepeng menulis status ini di media sosial pribadinya: “Kekurangan dari era media sosial adalah, kita seperti dilatih dan semakin terlatih untuk urusan kepo-kepoan. Kalau udah kepo, nggak tahan untuk berkomentar. Melalui comment sections, kita sering lihat orang saling hujat, saling hina, dan saling nyinyir. Too many negativities. Mungkin pandemi ini memang mengajarkan kita untuk jangan ganggu urusan orang lain. Jaga jarak, jaga perasaan, sehingga kepositifan kembali terbentuk di dunia maya sampai ke dunia nyata.”

Kalimat itu sempat Pepeng gunakan sebagai bagian dalam sosialisai slogan Jangan Ganggu yang ternyata merupakan judul dari single kelima Frank N’ Friends (FNF). Jangan Ganggu sendiri, lagunya bertutur tentang tekad seorang perempuan untuk berkomitmen terhadap seseorang yang ia cintai, walau bermacam godaan menerpa.

Perempuan? Ya. Lagu ini memang Pepeng tulis untuk dinyanyikan perempuan. Sedikit kilas balik, Pepeng yang bernama lengkap Franki Indrasmoro Sumbodo ini pernah merekam lagu Jangan Ganggu secara serius pada tahun 2010 pada saat proyek FNF pertama kali dijalankan sejak dua tahun sebelumnya. Namun kemudian FNF sempat terhenti di tahun 2010 juga, lagu Jangan Ganggu pun menjadi salah satu rilisan yang tertunda, bersama lagu Amir Si Mulut Besar dan Stupid Jazz Players yang tahun 2020 silam dirilis.

Hingga akhirnya di tahun 2021 ini, di masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, Pepeng bertekad untuk merilis Jangan Ganggu sebagai single FNF terbaru. Diiringi duo vokalis perempuan muda lulusan idol group, Rona Anggreani dan Vania Aurell, Pepeng menggarap Jangan Ganggu dibantu oleh Ria Antika (dari band Primata) pada drum, Adhitomo “Dodit” Kusumo (dari Primata) pada bass, dan Turi Kaliandra (dari band Pendulum) pada gitar elektrik.

Berkat keajaiban teknologi, proses rekaman dilakukan dan dipantau oleh Pepeng secara virtual, dimana pasangan Ria dan Dodit merekam di rumah mereka, begitu pula dengan Turi. Hanya saat rekaman vokal, Pepeng sebagai produser memutuskan untuk memantau secara langsung. Jadi, ya, dalam lagu Jangan Ganggu Pepeng tidak ikut mengisi instrumen. Ini adalah satu keunikan konsep single FNF kali ini.

Jangan Ganggu milik FNF dapat dinikmati secara umum pada tanggal 2 Juni 2021 mulai pukul 00:00 WIB ke semua layanan digital.

Frank N’ Friends
Business Contact:
Taufiq Sandjaja (+62 815-8853-768)
franknfriends@fnfproject.com
franknfriendsproject@gmail.com

AVAILABLE NOW

  • Apple Music
  • Resso
  • Spotify
  • Deezer
  • Joox
  • iTunes

Jangan Ganggu Official Artwork

Jangan Ganggu Official Artwork

Jangan Ganggu Official Artwork

Jangan Ganggu Official Artwork